Project baru: CoblosOnline.com, simulasi pemilihan Capres Indonesia 2024.

Cara Aman Menambahkan Watermark pada Scan KTP untuk Lamaran Kerja

Ingin menambahkan watermark pada scan KTP untuk lamaran pekerjaan? Berikut caranya.

20 Oktober 2023

Waktu baca: 2 menit • 433 kata

Ketika Anda sedang mencari pekerjaan dan harus mengirimkan dokumen-dokumen penting, seperti scan Kartu Tanda Penduduk (KTP), satu hal yang perlu Anda pertimbangkan adalah keamanan.

Menambahkan watermark pada scan KTP untuk lamaran kerja adalah langkah penting untuk melindungi data pribadi Anda dan menunjukkan bahwa Anda serius dalam upaya lamaran kerja. Watermark ini bisa berisi informasi seperti tanggal dan tujuan pemakaian, memberikan kesan profesional dan keamanan ekstra pada dokumen Anda.

1. Persiapkan Scan KTP Anda

Langkah pertama adalah memastikan Anda memiliki scan KTP dengan kualitas tinggi. Gunakan scanner atau kamera dengan resolusi yang cukup untuk menghasilkan gambar yang jelas dan tajam. Ini akan memudahkan proses watermarking.

2. Memilih Software Edit Foto

Anda akan memerlukan software edit foto untuk menambahkan watermark pada scan KTP. Sejumlah pilihan populer seperti Adobe Photoshop dan GIMP bisa sangat efektif, tetapi jika Anda mencari opsi yang lebih sederhana dan mudah digunakan, kami merekomendasikan Watermark KTP.

Watermark KTP adalah alat berbasis web yang dirancang khusus untuk menambahkan watermark pada scan KTP dan dokumen serupa. Dengan antarmuka yang intuitif, Anda dapat dengan cepat menambahkan teks watermark, mengatur opacity, dan menyimpan dokumen tanpa usaha yang repot.

Watermark KTP memungkinkan Anda untuk mencapai hasil profesional dengan mudah, menjadikannya pilihan yang sangat berguna terutama jika Anda tidak memiliki pengalaman dalam software edit foto yang rumit dan memiliki terlalu banyak fitur. Cobalah alat ini untuk menciptakan lamaran kerja yang aman dan menarik!

3. Buat Watermark

Buat teks watermark yang akan Anda tambahkan ke scan KTP. Contoh watermark yang bagus adalah "Lamaran Kerja, [Tanggal]". Pastikan teksnya terlihat jelas, tetapi tidak mengganggu info di KTP. Anda juga dapat menyesuaikan warna dan ukuran teks sesuai preferensi Anda.

4. Atur Opacity

Satu langkah kunci dalam menambahkan watermark adalah mengatur opacity (tingkat transparansi) sehingga tidak mengaburkan informasi penting pada scan KTP. Biasanya, tingkat opacity sekitar 20-30% sudah cukup.

5. Tambahkan Watermark

Buka scan KTP Anda dalam perangkat lunak desain grafis atau jika Anda tidak ingin repot, silahkan buka Watermark KTP dan tambahkan teks watermark pada gambar. Pastikan teks tersebut ditempatkan di area yang sesuai sehingga tidak menghalangi informasi di KTP.

6. Simpan Dokumen

Setelah menambahkan watermark, pastikan Anda menyimpan dokumen Anda dengan aman. Ini akan memastikan bahwa lamaran kerja Anda tetap terlindungi dan tidak dapat dimodifikasi oleh pihak lain.

Menggunakan watermark pada scan KTP dalam lamaran kerja adalah tindakan cerdas yang menunjukkan profesionalisme dan keamanan. Ini membantu mencegah penyalahgunaan dokumen Anda dan memberikan tanda bahwa Anda serius dalam pencarian pekerjaan. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat menciptakan lamaran kerja yang mengesankan dan aman.

Ingatlah, keamanan data pribadi adalah prioritas. Semoga Anda berhasil dalam pencarian pekerjaan Anda!

Kevin on TikTok

"Buat yg nanya aman atau engga, semua proses dilakukan dari sisi client. Artinya tidak ada perpindahan file yg kamu upload ke sisi server."

"Watermark KTP adalah solusi berbasis web yang aman dan praktis untuk memberi penandaan pada hasil scan KTP."

"Watermark KTP memang sangat berguna, salah satunya untuk memerangi pinjol laknat."

Amankan data KTP.
Pakai Watermark KTP.

Tambahkan watermark pada scan KTP Anda dengan mudah, aman, dan gratis.